Selasa, 05 April 2011

Alam Indonesia Milik Siapa ?

  Pemahaman Tentang Wilayah  Geografi

 Oleh : 

Edi Kusmayadi 

 
       Dari geografi dapat diketahui tempat Negara Kesatuan RI di atas bumi yang memberikan gambaran tentang bentuk ke dalam dan bentuk keluar. Bentuk ke dalam menempatkan corak, wujud dan tata susunan dan bentuk keluar dapat diketahui situasi dan kondisi lingkungan, serta hubungan timbal balik antara negara dan lingkungannya. Negara Indonesia sebagai wadah bangsa Indonesia dengan batas-batas nasionalnya, memberikan ciri yang membedakannya dengan negara lain dan memberikan kemungkinan untuk melangsungkan serta mengembangkan perikehidupan nasionalnya.
Kedudukan Indonesia yang secara geografis berada pada posisi silang, memberikan kepada Indonesia peranan yang sangat penting dalam persoalan global yang dapat berdampak positif dan negatif.
Topografi
Wilayah Negara Kesatuan RI berbentuk kepulauan, terdiri dari lebih kurang 17.508 buah pulau. Luas seluruh wilayah kedaulatan lebih kurang 7,3 juta km2, dengan wilayah daratan sekitar 1.919.17  km2 serta dengan memperhitungkan ZEE maka luas wilayah menjadi 7,9 juta km2. Wow.......luar biasa. Perbandingan luas wilayah daratan dan wilayah lautan adalah 1 : 4.
Bagian Barat wilayah Indonesia terdiri dari pulau-pulau besar, sedangkan bagian Timur merupakan kumpulan pulau-pulau kecil kecuali Irian Jaya. Pantai-pantai Indoneia pada umumnya bersifat memanjang, pantai-pantai yang berbatasan dengan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik pada umumnya lebih curam dan terjal, bila dibandingkan dengan laut pedalaman Indonesia.    
Seluruh wilayah kepulauan Indonesia berada pada batas astromonis  sbb :
Utara : 060 08’ LU ; Selatan : 110 15’ LS
Barat : 940 45’ BB : Timur ; 1410 05’ BT 
Adapun jarak Utara-Selatan 1.888 km, Barat-Timur 5.110 km.
Bgs Ind mensyukuri akan sgl anugerah Tuhan, baik dalam wujud konstelasi dan posisi geografi, untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi peningkatan derajat, harkat, martabat bangsa dan neg Ind. Dalam memanfaatkan isi dan potensi SKA, sangat diperlukan adanya kualitas manusia Ind.Terlebih menghadapi penduduk yang terus bertambah, sedang bumi/alam yang menyediakan segala kebutuhan manusia dapat dikatakan relatif tetapBahwa manusia sbg obyek yang terus menginginkan terpenuhinya kebutuhan yang digali dari sumber kekayaan alam Indonesia.
Bagaimana agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang mandiri, berdaulat, disegani oleh bangsa lain di dunia, adalah dengan memanfaatkan sumber kekayaan alam secara bijaksana, untuk peningkatan kesejahteraan bangsa. Alam Indonesia memberikan manfaat yang besar bagi kita seperti keindahan alam untuk dimanfaatkan sebagai wisata alam, flora dan fauna untuk dijaga kelestariannya. Jika kekayaan alam kita dimanfaatkan bangsa lain bagaimana perasaan anda ? jika alam kita dimanfaatkan oleh kita tapi hanya untuk kepentingan pribadi bagaimana perasaan anda ? dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lain tentang alam Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar